Skimming dan Scanning: Rahasia Membaca Cepat

Skimming dan Scanning: Sebuah Teknik Membaca Cepat
Peluncuran

Cara cepat pertama adalah skimming, ya skimming! Bukan berenang ya kalau renang hehe. Nah, dalam bahasa Indonesia itu memiliki arti sekilas. Teknik membaca ini digunakan ketika kita ingin mencari ide pokok secara keseluruhan dari sebuah buku. Dengan cara ini, berarti kita tidak membaca buku kata demi kata tetapi melompat dari satu bagian ke bagian lain untuk melihat gagasan utama dari topik yang sedang dibaca. Nah, dari situ kita bisa menentukan tulisan mana yang perlu dibaca lebih detail, bisa bayangin nggak?

Oh ya, dengan skimming, kita bisa membaca 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa, lho! Belajar menghemat waktu dan tidak bosan! Nah, bagaimana cara melakukan skimming? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Perhatikan Judul dan Subtitel

Ketika Anda mulai membuka sebuah buku dan akan membaca halaman pertama, pasti Anda akan menemukan kalimat utama seperti judul atau subjudul, bukan? Nah, saat membaca skimming, menyimak dua hal ini bisa membantu Anda mengetahui apa saja materi yang ada di dalam buku tersebut. Kamu bisa melihat secara spesifik bagian yang ingin kamu pelajari dengan mengetahui judul dan subtitle yang ada di buku, ya!

2. Tidak perlu membaca kata demi kata

Fungsi utama dari skimming adalah untuk mempercepat membaca, sehingga Anda tahu apakah teks tersebut layak untuk dibaca lebih lanjut atau tidak. Oleh karena itu, jika Anda ingin dapat dengan cepat memutuskan buku yang cocok untuk Anda, maka Anda dapat lebih cepat melompat ke beberapa bagian, dan menilai apakah isi buku tersebut Anda butuhkan atau tidak.

3. Baca paragraf terakhir

Kenapa langsung ke paragraf terakhir? Secara umum, struktur tulisan akan selalu mengarah pada kesimpulan dari ide-ide yang telah dibahas sebelumnya. Dengan melihat langsung di akhir paragraf, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi informasi yang dijelaskan dalam buku. Jika Anda masih tidak yakin dengan informasi di akhir paragraf, Anda juga dapat mendengarkan awal paragraf!

Tips Skimming Baca Juga : 10 Tips Efektif Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester

4. Berhenti sejenak

Membaca dengan tenang, meskipun inti dari skimming adalah membaca dengan cepat, tetapi tidak perlu terburu-buru. Luangkan waktu Anda sejenak setiap kali Anda selesai membaca secara rinci satu bagian, untuk memahami apa yang baru saja Anda baca. Jika demikian, Anda dapat melanjutkan membaca bagian lainnya. Sedikit saran saja, saat berhenti sejenak, jangan tertidur, karena nanti kamu akan terus membaca alam mimpi, hehe.

5. Perhatikan ilustrasi atau infografis

Sebelum masuk jauh ke dalam membaca huruf dan kalimat, Anda disarankan untuk melihat informasi visualnya terlebih dahulu. Dalam sebuah gambar atau infografis, biasanya disertakan ringkasan informasi penting dan hal-hal menarik. Maka, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami isi bacaan lebih lanjut

6. Baca ringkasan bab jika tersedia

Kemudian, jika bagian ini ada dalam sebuah buku, sangat disarankan untuk melihat halaman khusus yang merangkum setiap bab. Informasi di bagian ini biasanya disajikan dalam poin-poin yang membentuk inti dari informasi dari satu bab penuh.

Nah, setelah skimming kita akan mendapatkan gambaran keseluruhan isi buku tanpa membaca semua tulisannya. Jika kami menemukan bagian yang menarik, kami dapat membaca detail bagian buku tersebut untuk pemahaman yang lebih baik. Bisakah kamu? 🙂

Oke, sekarang dengan sedikit latihan, Anda bisa menjadi ahli dalam skimming. Selanjutnya, mari kita bicara tentang pemindaian!

Memindai

Kemudian, cara kedua adalah dengan memindai! Scanning dalam bahasa Indonesia memiliki arti memindai. Namun scan yang kita bahas sekarang beda dengan yang di fotocopy, hehe. Scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan informasi tertentu secara cepat dan akurat dari sebuah buku.

Biasanya scanning digunakan ketika kita sudah mengetahui apa yang ingin kita temukan sehingga kita akan fokus pada isi buku tertentu. Nah, kita harus berlatih menggerakkan mata dan membalik halaman buku dengan cepat untuk menemukan kata atau frase yang kita cari. Pernahkah Anda melakukan pemindaian sebelumnya? Yuk simak tips lengkapnya, ya!

1. Tentukan kata kunci

Saat memindai, Anda pasti sudah tahu sedikit tentang informasi yang Anda cari, bukan? Nah, sebisa mungkin Anda mencari satu atau dua kata yang menjadi kata kunci dari informasi tersebut. Lihat setiap halaman dengan cepat sampai Anda menemukan paragraf yang berisi kata kunci tersebut.

2. Lihat sekilas dan cepat

Saat melakukan pencarian, tidak perlu membaca dengan teliti satu per satu, karena akan memakan waktu lama. Lihat saja dengan cepat dari atas ke bawah halaman sampai Anda menemukan kata kuncinya. Saat mencari, pastikan pandangan Anda

Sumber :