Pahami film
Buka baca cepat

Film merupakan suatu karya seni yang memiliki integritas dari banyaknya komponen seni yang digunakan dan memenuhi kebutuhan psikologis. Komponen seni yang ada dan membantu film antara lain seni visual, fotografi, seni arsitektur, seni tari, puisi sastra, teater, musik, pantomine, dan novel.
Sejarah film

Sejarah-film-definisi-komponen-jenis-dan-fungsi

Film pertama dibuat oleh Lumiere Brothers pada tahun 1805. Sekitar tahun 1899, George Melies mulai memutar film model potongan berjudul Trip To The Moon. Pada tahun 1902, Edwin Peter membuat film berjudul Life Of In American Fireman.

Di Indonesia, film mencapai masa keemasannya dari tahun 1970 hingga 1980, atau lebih tepatnya, sebelum tayang di televisi pada tahun 1988.

Publik sangat bersyukur menanggapi film-film di Indonesia. Keadaan ini bergantung pada nilai film yang benar-benar bisa melengkapi ilmu-ilmu spiritual dan mental masyarakat Indonesia.
Komponen film

Berikut ini adalah beberapa bagian dari film tersebut, yaitu sebagai berikut:

produsen
Direktur
Penulis skenario
Penata kamera
Penata artistik
Penata musik
editor
Penambah dan pengatur suara
pendudukan

Jenis film

Berikut 4 jenis film, yaitu sebagai berikut:

Film berita

Film berita adalah jenis film tentang suatu fenomena atau peristiwa yang sebenarnya sedang terjadi. Karena itu berita, film yang disiapkan untuk umum haruslah berkualitas berita. Etika berita bermakna dan menarik.
Baca lebih lanjut: Memahami perlindungan konsumen

kartun

Kartun diciptakan untuk anak-anak. Mengenai karakter kartun yang mungkin Anda kenal adalah Donald Duck, Snow White, Mickey Mouse yang dibuat oleh pakar seni Amerika Serikat Walt Disney.

Cerita film

Film cerita adalah salah satu jenis film yang memuat cerita biasa yang ditampilkan sebagai komoditas di ruang bioskop bersama aktor dan distributor terkenal.

dokumentasi

Film dokumenter adalah kreasi tentang fakta yang berbeda dengan film berita yang merupakan rekaman faktual. Jadi film dokumenter adalah hasil pemahaman pribadi.
Fungsi film

Berikut ini adalah fungsi film yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

Sebagai alat pengarah ekspresi dan artistik

Innocent Voices adalah film karya Luis Mandoki. Film ini berdasarkan ekspresi sutradara.

Luis Mandoki memiliki cita rasa seni yang tinggi, sehingga hasil yang terkandung dalam film ini indah dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Sebab, film ini bisa berperan sebagai sarana ekspresi dan artistik sutradara.

Sebagai media hiburan

Film bersuara lugu dapat menjadi media hiburan karena bersifat fiksi atau melarikan diri dari kisah nyata. Film ini menyuguhkan hiburan berupa kelakuan polos yang dimiliki anak-anak yang terlibat dalam film ini.

Sebagai media komunikasi massa

Innocent Voices adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Dari sini terlihat bahwa film ini berfungsi sebagai media komunikasi massa yang menunjukkan bahwa telah terjadi perang saudara di El Salvador, Meksiko.

Selain sebagai media komunikasi massa, film ini juga menceritakan tentang jasa pemerintah AS dalam menyelesaikan perang saudara di kawasan tersebut.

Sebagai media pendidikan

Film bersuara lugu ini juga bisa berperan sebagai media pendidikan karena memiliki amanah yang tertuang dalam film ini.

Penonton menonton film terutama untuk hiburan

Namun, film tersebut berisi fitur-fitur informatif dan mendidik, beberapa di antaranya meyakinkan. Film nasional dapat digunakan sebagai media edukasi dalam memajukan generasi muda dalam berbangsa dan membangun karakter.
Baca lebih lanjut: Kesehatan Mental

Fungsi pedagogis dapat tercapai jika film nasional menghasilkan film sejarah atau dokumenter obyektif dan film yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari secara seimbang.
Jenis ukuran film

Ada beberapa jenis ukuran film, yaitu sebagai berikut:

13 x 18 cm
18 x 24 cm
24 x 24 cm
24 x 30 cm
30 x 40 cm
30 x 35 cm
35 x 35 cm
35 x 43 cm

Penggunaan film layar

Berikut beberapa kegunaan film layar, yaitu sebagai berikut

1. Film layar

Layar selalu digunakan saat digunakan. Ekspresi rendah, gambar bagus. Selalu gunakan kaset selama penggunaan (untuk melindunginya dari cahaya). Radiasi dari mereka yang terkena dampak dapat ditekan sesedikit mungkin.

Namun, resolusinya lebih rendah karena kristal perak lebih kasar daripada emulsi tunggal. Bayangan mungkin tampak kurang tajam jika kontak layar-ke-film tidak sempurna.

2. Film tanpa layar

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/