Menjadi satu diantara negara tropis yang banyak ditempati oleh beberapa pulau, Indonesia menyajikan banyak bidang pariwisata yang mengagumkan. Didalamnya ada sebuah beberapa pulau yang cantik nun elok. Tidaklah aneh banyak pelancong luar negeri yang ikhlas mengambil kantong besar untuk dapat mengujungi negara makmur ini.

Bahkan juga dapat disebut tiap propinsi mempunyai icon pariwisatanya semasing. Satu diantaranya ialah propinsi Lampung dengan tujuan rekreasi Pulau Tegal Mas. Pulau satu ini berada di Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Keelokan yang dipunyai oleh pulau eksotik ini seolah siap membius siapapun. Bahkan juga ada yang ngomong jika pulau ini serupa sekali dengan kemunculan di Maldives.

Pulau Tegal Mas, Wisata Pulau ala Maldives di Pesawaran Lampung

Bagaimana tidak, di Pulau Tegal Mas ada pemondokan yang terapung di atas lautnya yang biru kehijauan. Harta karun rekreasi Lampung ini seringkali dikatakan sebagai bintang rekreasi Lampung rekreasi bahari favorit Indonesia. Teritori rekreasi pulau ini pantas jadi tujuan berlibur keluarga. Dimulai dari daya magnet, sarana, dan kenampakan alam yang membius siapapun.

Daya Ambil yang Dipunyai Pulau Tegal Mas

Kekhasan rekreasi bahari Tegal Mas memang banyak sekali untuk diuraikan. Daya magnet intinya ialah:

1. Biota Laut yang Mengagumkan

Daya magnet pertama kali yang dipunyai oleh Pulau Tegal Mas ialah keelokan bawah lautnya. Bagaimana tidak, pulau yang ini bahkan juga pernah jadi lokasi riset terumbu karang di Indonesia. Jadi tidak bingung pengunjung seringkali terbius dengan keelokan alam bawah lautnya.

Dimulai dari ikan kecil yang berenang gesit, terumbu karang yang terbangun, air laut jernih yang eksotik. Ditegaskan Anda akan melihat kehidupan bawah laut secara riil. Bahkan juga untuk bergerak juga malas.

2. Mushola Terapung Pulau Tegal Mas

Daya magnet setelah itu kemunculan sebuah bangunan mushola yang terapung di laut . Maka, selainnya sebagai tempat beribadah, mushola itu kerap kali jadi tempat lawatan pelancong. Anda juga dapat melipir sesaat menyaksikan ke-eksotisan mushola terapung. Mushola yang ini sebetulnya memang dibuat untuk sarana pengunjung.

Walau berkesan simpel, tetapi penorama yang bisa dipandang di serambi masjidnya tidak dapat dinafikkan. Bernama Mushola ar Yoyol, tempat yang ini sukses membius pelancong yang menyukai akan rekreasi religius . Maka, saat Anda ada di pulau ini, janganlah sampai lupa berkunjung tempatnya ya.

Dengan luas yang dipunyai mushola ar-Yoyol, mushola itu dapat memuat sampai 100 orang jemaah. Jumlah itu mengenali jika ukuran dalam mushola lumayan luas.

3. Munculnya Hiu Paus dan Penangkaran Hiu

Jadi lokasi yang demikian cantik, kenyataannya Pulau Tegal Mas mempunyai ikan predator. Pasalnya di pulau berikut pengunjung bisa menyaksikan munculnya segerombolan ikan hiu paus yang berenang disekitaran pulau. Umumnya hiu paus yang ada ialah tipe Hiu Tutul. Walau demikian pengunjung diharap tidak cemas.

Pasalnya hiu paus yang ada disekitaran pulau dideteksi jinak karena makannya cuman berbentuk ikan-ikan kecil disekitaran perairan. Lokasi Pulau Tegal yang yang ada di wilayah tropis dengan temperatur yang hangat membuat hiu paus menetap di sini. Hal tersebut karena komunitas hiu paus yang menyenangi cuaca hangat.

Ada terumbu karang ikan hiu paus memperlihatkan jika ekosistem laut Lampung masih natural serta dikelola secara baik. Ditambah dengan beragam biota laut yang bisa disaksikan dari permukaan air. Selainnya bisa menyaksikan segerombolan hiu paus, pengunjung bisa juga tiba ke arah tempat penangkaran bayi hiu . Maka selainnya nikmati keelokan sekaligus belajar mengenai predator bila satu ini.

4. Mempunyai Keserupaan dengan Raja Ampat Papua

Anda pasti kenal dengan rekreasi Raja Ampat. Walau sebagai tempat dengan wilayah yang lain kenyataannya ada kenampakan di Pulau Tegal Mas yang serupa dengan Raja Ampat. Satu diantaranya ialah gelombang air laut yang nyaris tidak ada sama sekalipun. Peristiwa itu membuat pulau yang ini terlihat terurus.

Belum juga rangkaian bukit yang melingkari wilayah kepulauan hingga sangat terasa asri. Pas sekali untuk jadi tempat meditasi. Disamping itu, warna air lautnya juga jernih hingga bisa terlihat terumbu karang yang berada di dalamnya.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pulau Tegal Mas

Untuk Anda yang ingin liburan ke Pulau Tegal Mas langsung bisa ke arah Kabupaten Pesawaran Lampung. Lebih persisnya tujuan rekreasi yang ini berada di seberang pantai yang terkenal di Bandung. Pantai itu namanya Pantai Sari Ringgung. Untuk ke arah pulau yang ini Anda perlu melalui beberapa jalur perjalanan.

Jalur itu dapat diawali dari Kota Bandarlampung. Seterusnya bila Anda berkendaraan secara berdikari langsung bisa ke arah daerah Jalan RE Martadinata. Sesudah perjalanan dapat diteruskan dengan lokasi berlainan yakni Pantai Tirtayasa. Dari pantai itu Anda harus terus berkendaraan sampai ke arah Pantai Queen Artha.

Untuk dapat terhubung keelokan pulau memikat di Lampung, pengunjung akan dikenai biaya. Tetapi tenang saja karena biaya itu masih ramah kantong. Cukup dengan bayar ticket sejumlah Rp 40.000 saja pelancong dapat senang nikmati keelokan dan macam biota lautnya. Airnya yang fresh pas untuk berenang.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pulau Tegal Mas

1. Snorkeling

menyaksikan dari kekuatan kenampakan alamnya, aktivitas bagus yang dapat dilaksanakan di Pulau Sampai hati Mas ialah snorkeling. Bertandang ke sini tetapi belum menyaksikan keelokan bawah lautnya memang berasa ada yang kurang. Karena itu Anda dapat sedikit menyelam untuk menyaksikan panoramanya. Anda akan menemui beragam tipe ikan terumbu karang yang tetap terlindungi ekosistemnya.

2. Menelusuri Laut dengan Water Sport

Anda pencinta olahraga air? Sekarang waktunya melingkari teritori perairan Pulau Tegal mas dengan water sport. Pasti untuk melakukan Anda akan diberi dengan pelampung dan dayung. Dengan kendaraan air berbentuk kano, pengunjung bisa menelusuri di perairan sekitaran pulau.

3. Diving

Selainnya snorkeling dan water sport aktivitas menarik setelah itu diving. Bagaimana tidak, sama seperti yang kita mengetahui jika diving ialah kegiatan menelusuri bawah laut yang cukup dalam. Kegiatan seperti ini benar-benar pas untuk Anda yang menyukai akan aktivitas ekstrim. Anda dapat sewa perlengkapan diving yang ada di pulau ini.

Untuk lakukan diving Anda akan dibantu oleh yang lebih pakar. Pasalnya kegiatan yang ini membutuhkan tehnik yang tidak biasa. Saat Anda telah ada di bawah laut, karena itu rasakan kesan berenang bersama ikan-ikan penghuni laut yang lain.

4. Naiki Banana Boat atau Jet Sky

Untuk Anda yang lebih sukai bermain di luar permukaan air, tidak ada kelirunya untuk naiki sarana yang ini. Pasalnya banana boat dan jet sky telah masuk ke sarana lawatan ke Pulau Tegal mas. Apa lagi bila Anda liburan dengan keluarga, tentunya semakin lebih membahagiakan naiki banana boat bersama.

5. Hunting Photo yang Instagenik

Untuk Anda yang mempunyai sosial media tidak boleh lupakan untuk hunting spot photo menarik di pulau ini. Sempatkan diri untuk mendokumentasikan peristiwa bersama keelokan lautnya yang jernih dan beberapa bukit di sekitarnya.

Pemondokan Murah di Sekitaran Pulau Tegal Mas

Karena terhitung teritori rekreasi karena itu Anda akan mendapati beberapa pemondokan paling dekat yang berada di Pulau itu. Pemondokan itu ada yang ada di atas air ada juga yang berada di Kampoeng Lombok Mas.

Selainnya keelokan biota lautnya, pulau yang dipanggil sebagai Maldives nya Indonesia ini mempunyai pemondokan terapung. Bahkan juga di teritori sekitaran pantainya Anda akan menyaksikan vila unik yang dibuat berjejer memanjang. Bekum kembali design arsitekturnya yang unik. Disamping itu vila yang unik itu ada juga di teritori Kampoeng Lombok Mas.

Jadi sesudah senang berkeliling-keliling Anda dapat istirahat di vila sekalian nikmati panorama. Disamping itu ada juga pemondokan terapung yang banyak jadi tempat beristirahat opsi pelancong. Bagaimana tidak, di pemondokan ini Anda langsung bisa bersinggungan dengan laut Pulau Tegal Mas. Sekedar duduk di pinggir jembatan mengasikkan.

Seharusnya Anda sediakan camera untuk berpose riang di lokasi yang instagenik itu. Yakinkan Anda mendokumentasikan peristiwa di Maldivesnya Indonesia. Banyak juga wisatawan yang berkeliaran di sini.

Sarana yang Ada di Pulau Tegal Mas

Karena masuk ke barisan rekreasi bahari, Pulau Tegal Mas mempunyai beragam sarana untuk mendukung berjalannya pariwisata itu. Salah satunya ialah:

1. Persewaan Alat Snorkeling

Untuk Anda yang ingin menyaksikan keelokan bawah laut pulau ini, ada tempat sewa alat snorkeling . Maka Anda tak perlu repot membawa perlengkapan dari rumah. Anda tinggal sewanya di lokasi yang telah disiapkan.

2. Tempat Makan atau Restaurant

Sesudah menelusuri pulau, perut berasa lapar. Karena itu Anda juga dapat isi perut sesaat di restaurant yang berada di Pulau Tegal Mas. Di sini menyuguhkan bermacam menu ciri khas Lampung. Ada juga olahan ikan fresh yang memikat buat dicoba. Sudah pasti Anda dapat menikmatinya dengan menyaksikan panorama alam sekitaran yang menganakemaskan mata.

3. Toilet

Sarana yang jangan ketinggal dari sebuah tempat rekreasi ialah ada toilet umum. Karena itu di Pulau Tegal Mas juga ada sarana berbentuk toilet untuk pelancong. Anda dapat memakai toilet sesudah beraktivitas air seperti diving, snorkeling, berenang, bermain pasir, dan lain-lain.

4. Gazebo

Untuk mendukung sarana tempat rekreasi, karena itu dibuatlah gazebo di sejumlah titik. Tempat yang ini menyengaja dibikin untuk tempat beristirahat pelancong. Hingga di sanalah Anda bisa sama-sama bercengkerama dan melepaskan capek sesudah kegiatan. Anda dapat lakukan rekreasi simpel di atas gazebo.

Lihat Juga:

daihatsu lampung
sewa mobil lampung
rental mobil lampung
honda lampung
sewa mobil lampung