Pengertian SOP
Baca cepat Buka

Pendokumentasian berbagai prosedur, yang juga dapat disingkat sebagai Standard Operating Procedures atau SOP, untuk melaksanakan pekerjaan dengan tujuan mendapatkan pekerjaan yang paling efisien dari para pekerja dengan biaya serendah mungkin. Harus dilakukan secara kronologis.

Pengertian-SOP-Tujuan-Prinsip-Jenis-Format-Cara-contoh

Setiap perusahaan dalam bentuk atau jenis apa pun yang memerlukan bimbingan

untuk melaksanakan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan.

Standard Operating Procedure (SPO) adalah sistem lain yang dirancang untuk memfasilitasi, mengatur, dan mengelola pekerjaan. Sistem ini juga mencakup sejumlah proses yang menyelesaikan pekerjaan dari awal hingga akhir.
Pahami SOP menurut ahlinya
1. Menurut Tjipto Atmoko

SOP adalah salah satu pedoman atau acuan yang memungkinkan Anda untuk melaksanakan berbagai tugas pekerjaan sesuai dengan organisasi pemerintah atau non-pemerintah dan fungsi perusahaan atau eksternal dan alat penilaian kinerja.

Hal ini didasarkan pada berbagai indikator teknis, administratif dan prosedural, tergantung pada sistem kerja routing, routing dan unit kerja terkait.
2. Setelah Sailendra

SOP adalah pedoman yang dapat Anda gunakan untuk membantu organisasi

atau bisnis Anda menjalankan operasi dengan lancar.
3. Menurut Moekijat

SOP adalah pelaksanaan serangkaian langkah atau pekerjaan dimana pekerjaan dapat dilakukan, bagaimana cara melakukannya, kapan dilakukan, dimana dilakukan, siapa yang mengerjakan, dan siapa yang mengerjakan.
Baca lebih lanjut: Memahami Kebangkrutan

4. Menurut Istyadi Insani

SOP adalah dokumen yang berisi sekumpulan petunjuk yang dapat dibakukan dalam berbagai proses manajemen kantor, meliputi cara kerja, waktu pelaksanaan, lokasi pelaksanaan dan pelaku yang terlibat dalam kegiatan.
5. Menurut Laksmi

SOP adalah dokumen yang memiliki beberapa langkah yang dapat dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang paling efektif dari seorang pekerja dengan biaya terendah.
Tujuan SOP Tujuan

Standarisasi pekerjaan.
Mencapai hasil kerja yang efektif dan efisien.
Sebagai pedoman kerja bagi seluruh karyawan, termasuk pekerja dan atasan.
Hal ini juga dapat digunakan sebagai parameter untuk penilaian kualitas.
Risiko kesalahan kerja berkurang.
Mampu menjelaskan proses, tugas, dan izin kerja masing-masing pihak.
Sebagai dokumen acuan apabila terjadi kesalahan atau misdiagnosis.
Hal ini juga dapat digunakan sebagai bahan pelatihan bagi karyawan baru.

fungsi SOP

Mempermudah pekerjaan bagi karyawan, tim atau unit kerja.

SOP ini berfungsi sebagai dasar hukum yang kuat untuk penipuan.
SOP dapat berfungsi untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan tentang disabilitas yang pernah dialami dan dialaminya.
SOP ini juga dapat menginstruksikan karyawan untuk saling menjaga disiplin di tempat kerja dan menjadi pedoman dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas.

manfaat SOP

SOP yang baik menciptakan pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan monitoring, serta dapat bekerja secara konsisten
Karyawan dapat mengandalkan pekerjaan mereka dan mengetahui apa yang perlu mereka capai dalam setiap pekerjaan.
SOP ini juga dapat digunakan sebagai alat pelatihan dan juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

Kelebihan Standar Operasional Prosedur (SOP) menurut Permenpan No. PER/21/M-PAN/11/2008 adalah:

Standarisasi cara orang melakukan tugas tertentu, kurangi kesalahan, dan abaikan.
SOP ini dapat membantu karyawan menjadi lebih mandiri tanpa harus bergantung pada intervensi administratif dan mengurangi keterlibatan manajer dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
Meningkatkan akuntabilitas dengan mampu mendokumentasikan tanggung jawab khusus untuk melakukan tugas.
Buat standar kinerja yang memberikan kesempatan khusus kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja dan membantu mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan hingga saat ini.
Buat berbagai materi pelatihan untuk membantu karyawan baru menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
Menunjukkan kinerja bisnis yang efisien dan terkelola dengan baik.
Ini menawarkan pedoman yang berbeda untuk penyediaan layanan harian untuk setiap karyawan di unit layanan.
Hindari duplikasi operasi penerapan layanan.
Bantuan dalam menemukan berbagai kesalahan prosedural dalam penyediaan layanan. Memastikan proses layanan sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi

 

Lihat Juga :

https://student.blog.dinus.ac.id/handay/kurva-penawaran/
https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/kantor-ketenagakerjaan/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/definisi-indeks-harga/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/repeater-definisi/
http://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/definisi-literasi-keuangan/
https://linda134.student.unidar.ac.id/2021/07/modem-adalah-definisi-fungsi-jenis-mode.html
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/masalah-prioritas/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/07/05/terapi-aktivitas-kelompok/
http://blog.isi-dps.ac.id/nyomanyudiawan/menanam-wortel-sejarah-konten-varietas-kondisi/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/07/04/trikoma-adalah/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/07/04/kurva-permintaan-elastisitas/
http://staff.unila.ac.id/siswantoro/investasi-adalah/
https://perpustakaan.unibabwi.ac.id/akuntansi-adalah-tujuan-fungsi-peran-prinsip-konsep/
https://blogs.itb.ac.id/blogbantuy/manajemen-proyek/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/wanita-sholehah/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/teks-eksplanasi/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/kegiatan-ekonomi/
http://firman.blog.unas.ac.id/iptek-adalah/
https://www.beritasatu.com/digital/105253/ini-cara-penggunaan-kelebihan-dan-kekurangan-whatsapp-web
https://www.wartaekonomi.co.id/read349016/guys-catat-baik-baik-ini-cara-login-dan-logout-wa-web-yang-paling-benar