Apa itu SEO? Panduan Lengkap Pemula

Pengertian SEO dan Panduan untuk pemula

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu SEO, cara kerjanya, dan manfaatnya.

Apa itu SEO dan contohnya?

Sederhananya, SEO adalah cara untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil pencarian di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Dengan visibilitas yang baik, situs web Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Dalam kasus SEO, visibilitas berarti muncul di halaman pertama hasil pencarian (SERP).

Mengapa orang berlomba-lomba untuk berada di sana?

Menurut Ahrefs, sebagian besar pengguna mengklik hasil organik di halaman pertama dan jarang mengunjungi halaman kedua.
Sumber: Ahrefs

SERP (Search Engine Result Page) adalah tampilan halaman mesin pencari ketika Anda memasukkan permintaan pencarian atau kata kunci.

Contoh penggunaan SEO

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan SEO, mari kita berikan sebuah contoh.

Publicationmedia.com merupakan sebuah agensi yang salah satunya menyediakan layanan press release. Itu sebabnya kami mengoptimalkan kata kunci “layanan siaran pers”.

Sekarang coba ketik pencarian Google menggunakan kata kunci tersebut. Maka situs kami berada di puncak SERP.

SEO atau optimasi mesin pencari diperlukan untuk mencapai hasil ini.
Mengapa SEO penting untuk situs web?

SEO adalah hal yang paling mendasar dalam strategi pemasaran digital.

Alasannya sederhana karena orang selalu melakukan pencarian di google dan semacamnya untuk menemukan sesuatu.

Jika Anda ingin membuat kue, Anda dapat menemukan resepnya di Google.

Jika Anda ingin membeli ponsel baru, Anda juga dapat mengetahui harganya di Google.

Oleh karena itu, menerapkan SEO sebenarnya sama dengan memahami apa yang diinginkan pengguna. Apa yang kamu inginkan, aku di sini.

Meskipun pada akhirnya teknik SEO tidak selalu terpaku pada satu paket seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari.
Apa yang termasuk dalam SEO?

Secara umum, SEO dibagi menjadi dua area yaitu on-page dan off-page. Anda harus melakukan keduanya karena keduanya penting dan saling melengkapi. Agar lebih jelas, ketahui perbedaannya di bawah ini.
Apa itu SEO OnPage?

Pengoptimalan onpage di semua halaman situs web Anda, dimulai dengan “nyali” dan berakhir di bagian depan. Hal-hal yang perlu di-tweak antara lain:

Judul,
Deskripsi meta,
Kata kunci,
Judul (H1, H2, H3, dll.)
url,
gambar teks alternatif,
skema,
tampilan yang bagus dll.

Apa itu SEO OffPage?

Off-page adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar kepemilikan website Anda.

Segala sesuatu tentang SEO off-page secara umum ada hubungannya dengan link building, salah satunya adalah backlink.

Opsi lain yang tidak ada hubungannya dengan pembuatan tautan, misalnya, adalah pemasaran media sosial (SMM).
Bagaimana cara kerja SEO?

Sebelum membahas tahapan kerja SEO, simak studi kasus berikut ini:

Misalkan ada dua situs web, A dan B.

Website A sudah menerapkan SEO onpage dan offpage, tampilannya responsive.

Situs web B sama sekali tidak memperhatikan SEO dan tampaknya tidak responsif.

Jika pengguna menulis kata kunci yang relevan dengan halaman A dan B, mana yang lebih direkomendasikan oleh mesin pencari?

Ya, sudah pasti mesin pencari akan menampilkan Halaman A kepada pengguna.

Ini hanya studi kasus sederhana, karena sebenarnya ada lebih dari 200 faktor yang menentukan posisi di hasil pencarian.

Jadi bagaimana proses di balik sebuah situs web yang muncul di halaman pertama SERP?
apa yang dimaksud dengan SEO

Ada tiga fase pengolahan data oleh bot mesin pencari untuk menyajikan informasi kepada pengguna, yaitu:

Perayapan → mengambil konten dari semua kemungkinan situs web yang dapat diambil.
Pengindeksan → Mengumpulkan dan mengidentifikasi konten dan kemudian menyimpannya dalam database.
Peringkat → Mesin pencari kemudian menampilkan konten kepada pengguna berdasarkan perhitungan relevansi dan kualitas.

Intinya, SEO berguna untuk memasukkan website Anda ke dalam semua proses di atas. Misalnya, jika satu langkah saja salah, situs web Anda tidak diindeks, situs web Anda tidak dapat muncul dalam pencarian.

Manfaat menerapkan SEO

Tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan posisi situs web dalam hasil pencarian. Apa manfaat setelahnya?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus segera menerapkan SEO untuk bisnis.
1. Lebih banyak pemirsa dari penelusuran organik

53,3% dari semua lalu lintas web di internet berasal dari pencarian organik. Artinya berada di halaman pertama SERP dapat meningkatkan CTR organik Anda, apalagi posisi tinggi.
2. Kepercayaan penonton terhadap website meningkat

Berada di peringkat teratas erat kaitannya dengan kredibilitas situs. Biasanya, orang cenderung mengklik hasil pertama karena itulah halaman yang paling direkomendasikan Google.
3. Hemat uang untuk iklan

SEO dapat memotong anggaran iklan. Terkadang Anda mungkin perlu membayar untuk alat SEO. Namun, sangat berguna untuk memperkuat fondasi situs sehingga dapat bertahan selama bertahun-tahun.
4. Kesadaran merek meningkat

Ketika situs web Anda mudah ditemukan dengan banyak kata kunci dan peringkat di peringkat teratas, kesadaran merek meningkat. Semakin banyak pengguna melihat situs web Anda, lalu mengingatnya dan mulai mempercayainya.
5. Mengoptimalkan pendapatan penerbit iklan

Di luar urusan bisnis, blogger yang menjadi penerbit iklan juga harus menerapkan SEO. Tujuannya agar pendapatan iklan dari jumlah pengunjung dan klik iklan dapat dioptimalkan.
Mulai SEO untuk situs web Anda sekarang

Cukup sekian perkenalannya tentang apa yang dimaksud dengan SEO. Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan dengan mulai mempelajari lebih lanjut dan menerapkan SEO ke situs web Anda. Ingatlah bahwa SEO dapat menjadi fondasi yang kuat untuk membangun bisnis Anda di masa depan.

Sumber :