pengertian-berita

 

“Pengertian Berita” | Beserta Jenis dan Unsur Membuat Berita

 

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang berita. Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan berita. Apalagi zaman sekarang banyak berita-berita yang beredar melalui banyak media, baik itu media cetak, media social dan media cetak. Tetapi apakah kalian sudah tau pengertian secara detail tentang apa itu berita, unsur-unsur berita dan jenis-jenis berita?. Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas secara jelas tentang pengertian berita, unsur unsure dan jenis jenisnya.

 

Pengertian Berita

Menurut Wiliam S Maulsby (tahun 2009 hal 35) mengungkapkan bahwa “Berita merupakan suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut“.

Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5) mengemukakan bahwa “Berita merupakan suatu laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka”.

Jadi berita secara umum merupakan laporan dari suatu kejadian ataupun peristiwa yang terjadi saat itu juga ataupun yang sudah terjadi beberapa waktu yang lalu.

 

Jenis jenis Berita

Berita juga ada jenis jenis pengelompokannya. Berita sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis diantaranya terdiri dari berita advance, berita elementary dan berita intermediate. Berikut adalah penjelasan dari ketiga jenis berita tersebut.

a. Berita Advence

Dalam jenis berita advance terdapat 3 sifat diantaranya

  1. Depth Reporting
    merupakan pelaporan dari jurnalistik yang bersifat tajam,mendalam, lengkap dan utuh tentang suatu peristiwa yang fenomenal atau aktual.
  2. Editorial Writing
    Merupakan suatu penyajian fakta dan opini yang menafsirkan berita-berita yang bersifat penting dan memengaruhi pendapat yang umum.
  3. Investigative Reporting
    Jenis berita yang berisikan hal-hal yang tidak jauh berbeda dengan laporan interpretatif. Biasanya jenis berita ini lebih memusatkan pada sejumlah masalah. Tetapi dalam laporan investigatif, para pencari berita (wartawan) harus melakukan penyelidikan untuk mendapatkan/memperoleh fakta yang tersembunyi demi suatu tujuan. Jenis berita Investigative Reporting pelaksanaannya sering ilegal atau tidak etis.

b. Berita Intermediate

Dalam jenis berita Intermediate terdapat 2 sifat diantaranya

  1. Feature Story
    Penulis akan mencari fakta agar dapat menarik perhatian pembacanya. Penulis feature akan menyajikan tentang pengalaman pembaca dengan gaya penulisan dan humor dari pada mementingkan informasi yang disajikan.
  2. Interpretative Report
    Jenis berita Interpretative report ini lebih dari sekedar  straight news ataupun Depth news. Berita Interpretative lebih memfokuskan pada isu-isu, peristiwa-peristiwa dan masalah yang kontroversial. tetapi, fokus laporan jenis berita ini membahas mengenai fakta-fakta yang terbukti dan bukan suatu opini.

c. Berita Elementary

Dalam jenis berita Elementary terdapat 2 sifat diantaranya

  1. Straight News Report
    Jenis berita ini merupakan laporan berita yang secara langsung tentang suatu peritiwa.
    Cotohnya seperti sebuah pidato yang merupakan berita  langsung yang hanya menyjikan suatu informasi dalam waktu yang singkat.
  2. Depth News Report
    Jenis berita ini seorang pencari berita (wartawan) akan menghimpun sebuah informasi berdasarkan fakta-fakta mengenai suatu peristiwa tersebut yang akan digunakan sebagai tambahan informasi.
  3. Comprehensive News
    Jenis berita Comprehensive News merupakan laporan tentang suatu fakta yang bersifat menyeluruh yang ditinjau dari berbagai aspek.

 

Unsur-unsur Dalam Membuat Berita

Dalam membuat berita terdapat beberapa unsur. Unsur dalam pembuatan berita diantaranya Unsur Penting, Faktual, Aktual dan Menarik. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Unsur Menarik

Dalam unsur Menarik ini merupakan unsur pembuatan berita yang membuat rasa ingin tahu, dan membuat masyarakat menjadi tertarik untuk menyimak isi dari suatu berita tersebut. Dengan adanya peristiwa peristiwa yang menarik maka akan dapat membuat masyarakat terhibur.

 2. Unsur Aktual

Dalam unsur pembuatan berita aktual ini banyak mengandung unsur yang terbaru, terkini dan sedang terjadi ataupun yang belum lama terjadi.

3. Unsur Penting

Dalam jenis unsure penting ini terdapat hal dalam berita dinilai penting. Tokoh tokoh yang terlibat dalam pemberitaan berita ini merupakan tokoh penting dan telah diakui oleh masyarakat.

4. Unsur Faktual

Dalam unsur pembuatan berita faktual ini, akan mengulas suatu kejadian benar-benar dan merupakan suatu kenyataan, bukan merupakan rekayasa. Fakta yang ada dalam sebuah berita tersebut muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian-kejadian yang nyata, sebuah pernyataan ataupun suatu pendapat.

 

Untuk artikel tentang Pengertian Berita, Jenis dan Unsurnya Lengkap ini semoga saja dapat bermanfaat dan membantu kalian mandapatkan informasi baru untuk teman-teman. Karena ilmu-ilmu baru pada situs ini akan dapat membantu menambah wawasan kita.

 

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/