Batam memiliki tempat wisata religi yang terkenal berupa masjid agung. Nama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Bangunan masjid ini juga menjadi icon terbaru Kota Batam.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Shah Batam

Masjid ini sangat populer di mata masyarakat Kota Batam. Masjid ini tidak hanya menjadi ikon religi, tetapi juga menjadi tempat wisata bagi penduduk lokal maupun wisatawan luar kota Batam.
Sekilas tentang Masjid Sultan Mahmud Riayat Shah di Batam

Masjid-Sultan-Mahmud-Riayat-Shah-Batam

Masjid ini terletak di jantung kabupaten Batu Aji. Diukur dari luasnya, masjid ini merupakan masjid terbesar di pulau Sumatera. Luas lahannya sendiri adalah 4,2 ha.

Luas bangunan sekitar 41.422 meter persegi. Dengan luas tersebut, bangunan masjid dapat menampung maksimal 25.000 umat. Bangunan masjid ini memiliki warna dominan putih.

Proses pembangunan masjid pertama kali dilakukan pada 2017. Dua tahun kemudian, proses pembangunan selesai dan masjid resmi dibuka pada 20 September 2019.

Tanggal yang sama juga merupakan tanggal peresmian masjid ini. Pada saat upacara peresmian, 2.000 wisatawan dari Malaysia dan Singapura menghadiri komunitas tersebut.

Secara arsitektur, tempat wisata Batam bertema religi ini menampilkan perpaduan gaya arsitektur Arab dan Melayu.

Ciri-ciri perpaduan gaya arsitektur ini dapat dilihat pada layar membran. Benda ini sangat mirip dengan layar membran di Masjid Nabawi.

Jika Anda pernah ke Masjid Agung Jawa Tengah, Anda akan melihat objek yang sama dengan layar membran di masjid itu.

Ada 8 layar membran di Masjid Raya Batam ini. Setiap layar tingginya 17 meter. Payung ini diletakkan di halaman depan masjid.

Saat malam tiba, payung ini otomatis memancarkan cahaya warna-warni.

Harga tiket Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Hampir semua tempat wisata religi tidak menerapkan kewajiban membeli tiket bagi setiap orang yang ingin masuk masjid. Termasuk wisatawan yang ingin berwisata di kompleks masjid ini.

Wisatawan juga tidak perlu membayar biaya parkir kendaraan karena tempat parkir di masjid ini bebas digunakan tanpa dipungut biaya apapun.
Daya Tarik Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Lokasi Masjid Sultan Mahmud Riayat Shah

Gaya arsitektur dan peristiwa penting termasuk dalam daftar atraksi, yang kami rangkum di bawah ini:

Masjid agung ini memiliki gaya arsitektur yang menarik dan unik. Anda para wisatawan yang datang ke masjid ini akan melihat keindahan fasad, baik interior maupun eksterior masjid ini yang tiada tara.

Memang benar masjid ini didominasi warna putih. Namun, ada hiasan atau ornamen cantik dengan corak khas Melayu di dindingnya.

Sekilas, ornamen ini menyerupai ornamen khas Melayu yang terdapat di Istana Maimun. Di Masjid Raya Batam juga terdapat kolam estetis yang terletak persis di bawah tembok.
Rencana untuk tempat-tempat wisata utama

Masjid yang dijuluki Masjid Agung II ini dilaporkan menjadi lokasi sebuah acara besar. Event ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan asal Singapura dan Malaysia.

Fasilitas pendukung lainnya dan lahan dengan desain menarik juga dikabarkan akan dilestarikan di sekitar halaman masjid.

Sebagai destinasi wisata religi utama, tentunya pengelola perlu menambah fasilitas umum yang dapat membuat wisatawan nyaman.

Contohnya: food court dengan menu yang berbeda dengan masakan dan minuman khas Batam. Kuliner khas ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan mancanegara.
Fasilitas Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Dari segi fasilitas, Masjidil Haram II memiliki fasilitas yang standar alias sama dengan masjid-masjid agung pada umumnya. Sebut saja tempat parkir yang luas dan bisa menampung sepeda motor, mobil, minibus dan bus besar.

Kemudian Anda juga akan menemukan kamar mandi dan toilet yang terletak di area yang sama dengan area cuci.

Blok wudhu ini juga dipisahkan antara blok wudhu wanita dan blok wudhu pria. Perlengkapan sholat juga tersedia, baik untuk pria maupun wanita.

Semoga kedepannya masjid ini juga memiliki fasilitas difabel.

Fasilitas ramah difabel ini sudah banyak tersedia di beberapa tempat wisata religi di Indonesia. Salah satunya di Katedral Makassar.
Lokasi dan Rute Menuju Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Sultan Mahmud Riayat Shah Batam

 

 

Bagi kalian yang penasaran dan itu

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Sewa Mobil Di Jogja 24 Jam