Penjelasan, penggunaan dan contoh kata kerja terbatas dan tidak terbatas

finite-dan-non-finite

Sebelum kita membahas tentang penjelasan, penggunaan, dan contoh finite dan non-finite verbs, admin hanya mengingatkan sedikit tentang pengertian verba. Kata kerja adalah bagian terpenting dari setiap kalimat. Dan kata kerja digunakan untuk menjelaskan tindakan atau keadaan subjek.

Di bawah ini adalah penjelasan, penggunaan, dan contoh finite dan non-finite verbs dalam bahasa Inggris.

Yuk cek teman-teman tersayang…

Penjelasan, penggunaan, dan contoh kata kerja finite dan non-finite dalam bahasa Inggris

Kata kerja terbatas

Kata kerja berhingga, atau dalam bahasa Indonesia, berarti kata kerja berhingga adalah kata kerja yang memiliki hubungan tertentu dengan subjek atau kata benda. Kata kerja ini biasanya merupakan kata kerja utama dari sebuah kalimat atau kalimat dan dapat berubah tergantung pada kata bendanya. Kata kerja terbatas hanya dapat digunakan dalam present tense dan past tense. Kata kerja ini bisa aktif (aktif) atau pasif (pasif) dan dapat digunakan dalam bentuk tunggal atau jamak dari kata kerja.

Contoh :

  • Dia pulang. – Dalam contoh kalimat ini kita dapat melihat bahwa finite verb adalah berjalan, yang berarti “pergi” dan kata ganti adalah dia (feminin).
  • Dia pulang. – sedangkan pada contoh kalimat kedua ini kita dapat menyimpulkan bagaimana verb diubah menjadi bentuk lain dari adverb tense, yaitu past tense atau past tense.

Kata kerja tak terbatas

Kata kerja non-terbatas ini tidak dapat menjadi kata kerja utama dari sebuah kalimat atau kalimat karena mereka tidak berbicara tentang tindakan yang dilakukan oleh subjek atau kata benda. Kata kerja ini tidak menunjukkan kata keterangan waktu atau waktu, suasana hati atau suasana hati, atau jenis kelamin atau jenis kelamin.

Kata kerja tidak terbatas digunakan sebagai kata benda, kata keterangan, dan kata sifat. Kata kerja ini juga digunakan untuk membentuk kalimat tidak terbatas dari klausa bawahan yang menggunakan kata kerja tidak terbatas atau tidak terbatas.

Contoh :

Dia suka berkemah di hutan. – Kata kerja tidak terbatas dalam contoh kalimat ini adalah berkemah dan bertindak sebagai kata benda. Kata kerja ini adalah kata kerja tidak terbatas yang disebut gerund.

Saya harus tidur. – sedangkan dalam contoh kalimat ini non-finite verb atau indefinite verb adalah sleep, verb ini juga berfungsi sebagai noun atau noun. Kata kerja tak berhingga yang digunakan sebelum kata kerja disebut infinitif.

Anjing yang sedang tidur menyebabkan penundaan. – kata kerja non-finite dalam contoh kalimat terakhir ini adalah –ing atau terkadang ada kalimat yang mengandung –ed. Kata kerja ini bertindak sebagai sufiks atau akhiran. Kata kerja semacam itu disebut partisip.

Demikian pembahasan materi pada kesempatan kali ini mengenai penjelasan, penggunaan, dan contoh finite dan non-finite verbs dalam bahasa Inggris.

Sumber :