Definisi energi nuklir
Baca cepat Buka

Energi nuklir adalah energi yang diciptakan oleh proses kimia yang dikenal sebagai reaksi fisi dan fusi dalam inti atom dalam reaktor. Bahan nuklir dapat digunakan untuk membuat bom atom. Energi nuklir mampu menghasilkan energi panas yang digunakan untuk menghasilkan listrik.
Sumber tenaga nuklir

Energi-Nuklir-Pengertian-Sumber-Cara-Kerja-Komponen

Unsur yang banyak digunakan dalam reaksi fisi nuklir adalah plutonium dan uranium

(terutama plutonium-239, uranium-235), sedangkan dalam reaksi fusi nuklir digunakan litium dan hidrogen (terutama litium-6, deuterium, tritium). Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber energi terkonsentrasi yang melimpah. Uranium terdapat di sebagian besar batuan dalam konsentrasi 2 hingga 4 ppm dan tersebar luas di kerak bumi seperti timbal, tungsten, dan molibdenum. Uranium terjadi di air laut dan dapat diekstraksi dari lautan. Uranium ditemukan pada tahun 1789 oleh Martin Klaproth, seorang ahli kimia Jerman, dalam mineral yang disebut bijih uranium. Itu disebut planet Uranus, ditemukan delapan tahun sebelumnya. Uranium tampaknya terbentuk dalam supernova sekitar 6,6 miliar tahun yang lalu. Meskipun tidak umum di tata surya, peluruhan radioaktif lambat merupakan sumber panas yang penting di bumi saat ini, menyebabkan konveksi dan pergeseran benua. Karena densitas uranium yang tinggi, ia juga digunakan dalam lunas kapal pesiar dan sebagai penyeimbang untuk permukaan kontrol pesawat dan untuk proteksi radiasi. Uranium memiliki titik leleh 1,132 ° C. Simbol kimia untuk uranium.
Cara kerja pembangkit listrik tenaga nuklir

Pembangkit listrik tenaga nuklir pada dasarnya bekerja seperti pembangkit listrik konvensional, mereka hanya berbeda dalam cara mereka menghasilkan panas untuk menghasilkan uap. Pembangkit listrik konvensional menggunakan bahan bakar fosil untuk menghasilkan panas, sedangkan pembangkit listrik tenaga nuklir menggunakan uranium sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas melalui proses reaksi fusi. Dimana panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap di dalam reaktor nuklir. Uap tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin. Kemudian turbin menghasilkan energi mekanik untuk memutar poros yang terhubung dengan generator. Dan generator menghasilkan listrik.
komponen PLTN

Di bawah ini adalah beberapa komponen utama dari pembangkit listrik tenaga nuklir, yaitu:

Baca lebih lanjut: Memahami Musyawarah

Inti reaktor: adalah batang bahan bakar berupa batang yang terbuat dari apa yang diyakini sebagai uranium, plutonum atau U-233. Batang bahan bakar ini dapat dicampur dengan bahan non-fisil.
Moderator : Berfungsi untuk memoderasi atau memperlambat laju neutron sehingga menjadi cepat secara termal. Api biasanya terbuat dari granit yang terbungkus bahan bakar dan bisa juga air berat, air ringan (normal), atau berilium. Moderator juga bisa dicampur dengan bahan bakar.
Pelindung panas: Dalam hal ini, pelindung panas digunakan untuk menyerap radiasi (partikel, neutron yang dilepaskan, dan sinar gamma) selama proses reaksi fisi. Oleh karena itu, pelindung yang membungkus teras reaktor yang menahan perpindahan panas, biasanya terbuat dari besi, menyerap energi dan meningkatkan nilai kalor.
Reflektor: Digunakan untuk memantulkan kembali Nutron yang meninggalkan inti bahan bakar. Biasanya reflektor ditempatkan dalam pelindung panas dan menyelubungi teras reaktor.
Tangki Reaktor : Berfungsi sebagai wadah (tabung) atau housing yang melindungi dan menyelubungi teras reaktor, reflektor dan pelindung panas. Dan juga terdapat saluran di dalam tangki reaktor untuk mengatur aliran cairan pendingin melalui tangki reaktor dan di sekitar teras reaktor.
Cairan pendingin: Cairan ini berguna untuk mengangkut panas yang dihasilkan dalam proses fisi untuk tujuan lain, mis. B. untuk memanaskan air boiler di pembangkit listrik tenaga uap. Sebagai pemanas atau pengontrol, reaktor menjaga temperatur bahan bakar dan peralatannya pada temperatur tertentu (aman dan baik).
Perisai Biologis: Perisai ini berguna sebagai pelindung atau pelindung yang menutupi reaktor untuk memblokir dan meredam radiasi berbahaya akibat proses fisi. Biyasa terbuat dari besi, timbal atau beton tebal yang dicampur dengan oksida besi.
Batang kendali : Berfungsi untuk mengendalikan proses fisi yaitu pada saat pembangkitan panas di dalam reaktor, dengan cara menyerap kelebihan neutron yang timbul dari proses fisi. biasanya terbuat dari boron atau hafnium, yang dapat menyerap neutron.

Keuntungan dari energi nuklir

Berikut beberapa manfaat tenaga nuklir bagi manusia, antara lain:
1. Di bidang medis

Keuntungan energi nuklir bagi orang-orang di bidang medis terletak pada diagnostik dan juga dalam terapi radiasi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi penderita kanker. Di daerah ini sering disebut sebagai kedokteran nuklir. Sinar-X merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi penamaan ini

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/