Pengertian, materi, dan contoh narrative text dalam bahasa inggris dan artinya

contoh-teks-naratif

Pengertian teks naratif

Teks naratif adalah sebuah cerita dengan masalah atau komplikasi peristiwa dan berusaha mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Bagian penting dari setiap teks naratif adalah bentuk atau mode narasi dan metode yang digunakan untuk mengkomunikasikan narasi melalui proses naratif.

B. Tujuan narasi

Tujuan dari teks naratif adalah untuk menghibur pembaca dengan sebuah cerita.

C. Struktur umum teks naratif

  • 1) Orientasi (orientasi)
    Setting adegan, di mana dan kapan cerita berlangsung, dan memperkenalkan peran cerita, menetapkan siapa dan apa yang terlibat dalam cerita.
  • 2) komplikasi
    Menceritakan awal mula masalah yang mengarah pada krisis (klimaks) peran utama.
  • 3) pembubaran
    Masalah (klimaks) yang diselesaikan, dengan akhir yang bahagia atau sedih.
  • 4) reorientasi (reorientasi)
    Merupakan instruksi untuk menyimpulkan cerita (Closing) dan ini termasuk optional (pilihan yang boleh dan tidak boleh disertakan).

Ini terdiri dari pelajaran moral, nasihat, atau pengajaran dari penulis.

D. Contoh teks naratif

“teks naratif dalam bahasa inggris”

Putri Salju

orientasi

Alkisah ada seorang gadis kecil bernama Putri Salju. Dia tinggal bersama bibi dan pamannya karena orang tua mereka telah meninggal.

Komplikasi 1

Suatu hari dia mendengar paman dan bibinya berbicara tentang meninggalkan Putri Salju di kastil karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan tidak punya cukup uang untuk menyelamatkan Putri Salju.

Putri Salju tidak ingin paman dan bibinya melakukan itu, jadi dia memutuskan akan lebih baik jika dia melarikan diri. Keesokan paginya dia kabur dari rumah ketika bibi dan pamannya sedang sarapan. Dia lari ke hutan.

Resolusi 1

Kemudian dia melihat rumah kecil yang dia ketuk tetapi tidak ada yang menjawab, jadi dia masuk dan tertidur.

Sementara itu tujuh kurcaci pulang kerja. Mereka masuk. Di sana mereka menemukan Putri Salju sedang tidur. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat para kurcaci. Para kurcaci berkata, “Siapa namamu?” Putri Salju berkata, “Nama saya Putri Salju.” salah satu kurcaci berkata: “Jika kamu mau, kamu bisa tinggal di sini bersama kami. “Putri Salju berkata,” Oh, bolehkah? Terima kasih banyak. “Kemudian Putri Salju menceritakan keseluruhan cerita kepada para kurcaci dan akhirnya Putri Salju dan 7 kurcaci hidup bahagia selamanya.

“teks naratif dalam bahasa indonesia”

Putri Salju

orientasi

Alkisah ada seorang gadis kecil bernama Putri Salju. Dia tinggal bersama bibi dan pamannya karena orang tuanya telah meninggal.

Komplikasi 1

Suatu hari dia mendengar paman dan bibi berbicara tentang meninggalkan Putri Salju di istana karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan tidak punya cukup uang untuk Putri Salju.

Putri Salju tidak ingin Paman dan Bibi melakukan itu, jadi dia memutuskan akan lebih baik jika dia melarikan diri. Keesokan paginya dia berlari keluar rumah saat bibi dan paman sedang sarapan. Dia berlari ke dalam hutan.

Resolusi 1

Kemudian dia melihat gubuk kecil dan mengetuk, tetapi tidak ada yang menjawab, jadi dia masuk dan tertidur.

Sementara itu tujuh kurcaci datang. Anda masuk ke dalam. Di sana mereka menemukan Putri Salju sedang tidur. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat para kurcaci. Salah satu dari mereka berkata, “Siapa namamu?” Putri Salju berkata, “Nama saya Putri Salju.” Salah satu kurcaci berkata, “Jika kamu mau, kamu bisa tinggal di sini bersama kami. Putri Salju berkata, “Bisakah aku tinggal bersamamu? Terima kasih banyak. “Kemudian Putri Salju menceritakan keseluruhan cerita kepada para kurcaci dan akhirnya Putri Salju dan 7 kurcaci hidup bahagia selamanya.

Demikian pembahasan kali ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat IBI semua (ilmuBahasainggris.com).

Sumber :