Orang-orang tidak pernah kehabisan ide untuk menekan penyebaran COVID-19. Meski kasus infeksi baru belum mereda, pemerintah dan lembaga swasta tidak pernah patah semangat. Salah satu caranya adalah dengan membuat aplikasi untuk melacak penyebaran COVID-19. Selain aplikasi tracking buatan luar negeri, kami juga menemukan aplikasi dari anak-anak di dalam negeri.

Aplikasi-pelacak-penyebaran-COVID-19

Dengan aplikasi pelacakan penyebaran COVID-19 ini kita bisa mengecek jejak pergerakan pasien COVID-19

. Dengan cara ini, pelacakan bahkan lebih mudah. Selain itu, kita juga bisa mengetahui tentang keadaan kesehatan masing-masing individu.

Selanjutnya, kami akan uraikan 5 kegunaan untuk melacak penyebaran COVID-19.
1. AC19

Rumah sakit kerap menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 karena penanganan suspek COVID-19 yang kurang memadai. Untuk memitigasi risiko ini, Iran telah merilis aplikasi AC19, yang berfungsi sebagai panduan cara menuju rumah sakit.

Jika ada masyarakat yang merasa sakit, pemerintah menganjurkan untuk memasang aplikasi AC19 sebelum ke rumah sakit. Dengan aplikasi ini, kita tahu apakah kita perlu mengkarantina diri sendiri atau segera pergi ke rumah sakit. Lebih baik lagi, aplikasi ini dapat mendeteksi infeksi COVID-19 hanya dalam beberapa detik!
2. Pelacak gejala Covid

Seperti namanya, aplikasi ini digunakan untuk melacak orang dengan gejala COVID-19.

Orang Inggris diminta untuk melaporkan status kesehatan mereka di aplikasi ini. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk memeriksa kesehatan setiap orang. Orang hanya perlu meluangkan waktu satu menit untuk melaporkan sakit atau sehat.

Aplikasi keren ini adalah produk kiprah yang dikembangkan oleh Guy and St Thomas Hospital, King’s College London dan perusahaan ZOE. Dengan aplikasi ini, negara dapat melakukan intervensi preventif dan memetakan potensi kasus baru.
3. Jejak Bersama

Ini adalah aplikasi pemerintah Singapura yang menggunakan teknologi bluetooth.

Melalui aplikasi TraceTogether, pemerintah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelacakan COVID-19. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Jika Anda berada di sekitar pasien positif, pemerintah akan menelepon dan menanyakan detail lokasi.

Hal ini memungkinkan pemerintah untuk melakukan tracing dengan cepat dan mudah. Untuk meningkatkan akurasi aplikasi, sinyal Bluetooth ini dapat mendeteksi sinyal pengguna dengan jarak maksimal dua meter dari orang yang terpapar COVID-19.
4. Karantina rumah

Jika ada aplikasi untuk memantau pelaksanaan karantina mandiri, tidak akan ada lagi pasien positif COVID-19. Untuk mencegah hal ini terjadi, negara bagian Polandia membuat aplikasi Karantina Rumah. Orang yang baru pulang dari luar negeri atau diduga terpapar COVID-19 wajib menginstal aplikasi ini.

Hal ini memungkinkan pemerintah untuk mempertahankan pengawasan yang ketat. Pasalnya, masyarakat diminta untuk mengirimkan foto selfie-nya melalui aplikasi ini. Anda juga tidak boleh melewatkan tugas ini. Kalau masih ngomel, harus siap-siap diserang polisi.
5. CareProtect

Terakhir, aplikasi pelacakan penyebaran COVID-19 adalah aplikasi PeduliLinden. Aplikasi ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Kementerian BUMN. Aplikasi ini membutuhkan partisipasi aktif masyarakat agar dapat berfungsi secara optimal.

Anda perlu melaporkan data lokasi di aplikasi ini agar dapat diproses untuk pelacakan. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk melacak kemungkinan bahwa Anda telah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19. Jika semua orang menginstal aplikasi ini, ketertelusuran pasti dapat dilakukan tanpa masalah. Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari terpapar COVID-19.

Unduh CareProtect

Disadari atau tidak, kehadiran teknologi memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat. Seperti di masa pandemi COVID-19, teknologi ini dapat digunakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 secara masif. Anda juga dapat membaca informasi teknologi pencegahan penyebaran COVID-19 di “4 Produk IT untuk New Normal yang Lebih Praktis”.

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/