Rate this post

Saat membangun perusahaan, Anda tidak hanya dapat mengandalkan peluang, tetapi juga pengetahuan mendalam tentang pasar untuk mengidentifikasi potensi pasar sasaran dan meminimalkan risiko. Untuk itu diperlukan riset pasar yang baik dan tepat.

5-alasan-mengapa-riset-pasar-penting-sebelum-memulai-bisnis

Persaingan di dunia bisnis, terutama di masa pandemi saat ini semakin ketat.

Tidak sedikit perusahaan yang harus merelakan keadaan hingga akhirnya menutup usahanya. Di sisi lain, pandemi menciptakan peluang bisnis baru, terutama yang menggunakan platform digital.

Struktur perusahaan dapat bergantung tidak hanya pada kemungkinan yang tersedia, tetapi bahkan lebih. Salah satu kunci terpenting yang harus dilakukan oleh calon pelaku usaha sebelum membangun atau memperluas usaha adalah melakukan riset pasar yang baik dan memadai.

Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Taris Adani, side business,

platform komprehensif untuk solusi manajemen tenaga kerja, mengatakan: “Perkembangan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh pasar, karena di situlah produk atau layanan ditawarkan kepada konsumen. usaha untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memenuhi kebutuhan pasar.”
Baca juga

9 Halaman Template PPT Gratis Bagus Untuk Perguruan Tinggi Dan Bisnis
Tips Membuat Video Pendek Untuk Bisnis Online
Cara Membuat Iklan di Facebook Ads, Membangun Bisnis Lebih Luas
Bisnis Jual Lancar, Ini adalah plugin WordPress untuk toko online

Lantas apa sebenarnya fungsi atau keunggulan riset pasar yang penting sebelum memulai bisnis, Taris Adani merangkum dalam lima poin utama.

1. Mengenal lebih dalam karakter target pasar

Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang sifat konsumen

yang menjadi target pasar dari produk tersebut.

“Dengan mengetahui lebih banyak tentang karakter konsumen, perusahaan mengetahui apa yang diinginkan pasar untuk dapat menawarkan layanan dan produk yang sesuai. Selain itu, mengetahui karakter konsumen dan target pasar juga membantu pelaku usaha atau perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan usahanya. kata Tari.

2. Analisis strategi pesaing

Tingginya tingkat persaingan dalam dunia bisnis saat ini menjadikan penting bagi pelaku ekonomi untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing dalam bisnisnya. Hal ini dapat menentukan strategi atau sikap yang harus kita terapkan dalam menjalankan bisnis.

Riset pasar dilakukan untuk mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan oleh pesaing dalam menjual produknya. Dengan demikian, para pelaku ekonomi dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dari pesaingnya, sehingga potensi dan peluang memenangkan persaingan lebih besar.
Ilustrasi terbaik untuk aplikasi presentasi. (Pixabay)

3. Ketahui kebutuhan dan persyaratan pasar

Bagaimana pelaku ekonomi atau perusahaan dapat memastikan bahwa produknya benar-benar diterima dan memenuhi tuntutan dan kebutuhan konsumen? Cara mengetahuinya adalah melalui riset pasar.

Melalui riset pasar yang ditargetkan, pelaku ekonomi dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dalam jumlah yang cukup. Hal ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

“Untuk itu, di Sampingan kami selalu melakukan riset pasar sebelum meluncurkan layanan atau produk baru. Kami juga memiliki layanan riset pasar yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha dalam merumuskan strategi perusahaan.” kata Tari.

4. Mencari peluang baru

Riset pasar dapat meningkatkan peluang menghasilkan penjualan dan keuntungan yang lebih besar. Taris mengatakan: “Opsi baru ini tidak terbatas pada pasar lokal, tetapi tidak menutup kemungkinan pengembangan pasar di daerah lain atau di luar negeri. Perusahaan memiliki peluang dan kemungkinan baru di berbagai tempat. ”

5. Mengatasi hambatan dan risiko

Dalam setiap bisnis pasti ada hambatan dan resiko yang harus diperhatikan sejak awal sebelum memulai bisnis. Perusahaan atau perusahaan yang telah mempertimbangkan secara matang hambatan dan risiko akan lebih mampu bertahan. Riset pasar dapat mengidentifikasi berbagai jenis risiko dan hambatan yang dapat muncul selama operasi.

Misalnya masalah mencari supplier terbaik, resiko kerusakan barang dan lain sebagainya. Dilengkapi dengan data dari riset pasar, langkah-langkah berwawasan ke depan dapat disiapkan.

LIHAT JUGA :

https://www.chip.co.id/x8-speeder/
https://teknosentrik.com/yandex-blue-china/
https://teknosentrik.com/45-76-3345-76-33-x-44/
https://teknosentrik.com/111-90-150-204-video/
https://www.chip.co.id/sedekah-cf/
https://www.i4startup.id/vsco-mod-apk/
https://www.chip.co.id/higgs-domino/
https://www.chip.co.id/vsco-mod-apk/
https://www.i4startup.id/gta-sa-lite/
https://www.sudoway.id/cara-menggunakan-lulubox/
https://www.atursaja.com/2129/cara-menghilangkan-suara-vokal-pada-lagu-di-youtube/
https://www.atursaja.com/1338/cara-top-up-ovo-di-indomaret/
https://www.atursaja.com/2285/cara-mengetahui-password-wifi-yang-sudah-terhubung/
https://www.atursaja.com/1964/cara-daftar-internet-banking-mandiri-online/
https://dolanyok.com/x8-sandbox-apk/
https://liga-indonesia.id/x8ds-com-china-apk/
https://snapcard.id/
https://www.masukptn.id/
https://teknosentrik.com/185-62-l53-200/
https://teknosentrik.com/18-di-google/